Misa Pembukaan Bulan Mei, Jalani Hidup Dengan Penuh Kegembiraan


Ruteng. parokicewonikit.com – Bulan Mei memiliki tempat yang istimewa bagi umat Katolik, karena oleh Gereja Katolik, bulan Mei didedikasikan khusus penghormatan kepada Bunda Maria untuk secara pribadi maupun berkelompok, mendaraskan doa rosario maupun doa novena selama satu bulan penuh.

Demikian arahan RD Ardi Obot, PR Pastor Paroki St. Vitalis Cewonikit, Keuskupan Ruteng, NTT pada pembukaan doa bulan Mei tahun 2024 di pelataran Gua Maria Bunda Hati Kudus Cewonikit ( BHC), 1/5/2024.

Rm. Ardi Obot, PR pastor paroki Cewonikit (foto WG )

Selanjutnya imam diosisan Keuskupan Ruteng itu menjelaskan bahwa Bunda Maria adalah teladan dalam iman, Ia adalah tanda harapan yang pasti dan penghiburan bagi kita, sebagai peziarah di bumi ini. Bunda Maria adalah penolong, sebab Bunda Maria berjalan bersama kita dalam hidup ini.

Terkait dengan dengan tema besar keuskupan Ruteng tahun 2024 disampaikan, ” Dalam semangat paskah, dan bersama Bunda Maria, kita berdoa agar kita menjadi manusia paskah yang memperjuangkan keutuhan lingkungan hidup, ditengah suhu bumi yang mendidih, krisis iklim yang berujung pada gagal panen, gagal tanam, pencemaran air dan udara ” jelasnya.

Untuk itu didalam kasih dan doa Bunda Maria, seluruh keluarga, karya pastoral di Paroki St.Vitalis Cewonikit serta Keuskupan Ruteng ini dikuduskan alamnya demi keutuhan ciptaan melalui karya pastoral ekologi integral untuk mewujudkan habitus ekologi selaras alam ciptaan, mengusahakan kesejahteraan bersama, dan tanpa henti mengkampanyekan gerakan nerewat ibu bumi sebagai rumah kita bersama.

Ribuan umat hadiri misa pembukaan bulan Mei 2024 ( foto WG )

Selanjutnya dalam homilinya tak henti hentinya pastor paroki yang sangat mengumat itu mengajak umatnya agar selalu menjalani hidup ini dalam kegembiraan baik dalam hidup berumah tangga, juga dalam hidup sebagai imam, biarawati.

” Jalani hidup ini penuh dengan kegembiraan, eme ngai senang mose hoo, neka undang susah. Ingatilah hidup kita ini sudah dikuasai media sosial dan lupa akan Tuhan. Semoga dalam bulan ini kita rajin dan tekun berdoa bersama dari rumah ke rumah berdoa rosario agar hidup kita dituntun Tuhan bersama Bunda Maria ” ajaknya.

Perayaan pembukaan ini, dihadiri ribuan umat dari delapan wilayah yang tersebar pada 45 Kelompok Basis Gerejawi ( KBG ) komunitas biarawati dalam wilayah Paroki Cewonikit dan dituntun lagu lagu indah dan merdu oleh paduan suara Cantate Domino.

Team/WG.