Ribuan Umat Hadiri Perayaan Malam Natal 2023 di Gereja St.Vitalis Cewonikit

Ruteng. Parokicewonikit.com – Misa malam Natal di Gereja Paroki St.Vitalis Cewonikit Minggu, 24/12/2023 dihadiri ribuan umat.

Perayaan Misa malam Natal dilaksanakan dua kali yaitu pada pukul 17.30 WITA dan pada pukul 20 WITA.

Seperti disaksikan media ini, pada misa pertama misa dipimpin oleh RD. Ardus Jehaut, PR. Dalam kotbahnya, Ketua STIPAS St.Sirilus Ruteng itu, menyampaikan bahwa;

” Natal adalah kabar baik dari sebuah kegembiraan yang besar, kesempatan untuk memuliakan Allah, kesempatan untuk bersaksi dan untuk bertumbuh dalam iman” katanya.

Romo Ardus foto bersama petugas ( foto WG)

Mengutip Nabi Yesaya dari bacaan pertama pada perayaan itu, tentang kelahiran seorang anak, Sang Raja Damai, terpenuhi dalam diri Yesus, Sang Sabda yang menjadi manusia yang tinggal diantara kita.

Selanjutnya Santu Lukas dalam bacaan Injil malam itu, menarasikan sangat indah peristiwa kelahiran Yesus itu, Maria melahirkan seorang anak laki laki yang dibungkus dengan kain lampin dan dibaringkan dalam palungan.

Natal bagi kita ditahun 2023 sebagai sari pengajaran untuk direnungkan dalam hidup ini kata imam Tuhan yang adalah Ketua Sekolah Tinggi Pastoral St.Cyrilus Ruteng itu ialah:

Bagi dengan kelahiran Yesus, kita menjadi sadar bahwa Allah, begitu dekat dengan kita dan berkenan tinggal di tengah tengah kita. Ia membawa damai, menyembuhkan dan menguatkan.

Sebagai manusia kita kurang pantas dihadapan Tuhan dan sesama, karena dosa. Namun jangan takut seperti kata Malekat kepada gembala. Kata jangan takut sebanyak 365 kali dalam Kitab Suci itu artinya kita dapat kekuatan dari Allah dalam hidup ini.

Romo Ardi di depan kandang Natal ( foto WG )

Sementara itu pada Misa kedua pada pukul 20.00 malam itu yang dipimpin pastor Paroki Cewonikit Romo Ardi Obot menyampaikan bahwa sesungguhnya ada kegelapan dalam hidup di dunia ini, namun terang Tuhan menghalau kegelapan.

” Kasih karunia Tuhan mendatangi kita yang akan menyelamatkan kita dalam hidup ini ” katanya.

Misa malam itu dihadiri ribuan umat dalam wilayah paroki Cewonikit yang terdiri dari 8 wilayah dan 45 KBG. Kapasitas gereja yang dapat menampung 2500 an umat terpaksa mendirikan kema di luar gereja.

Paduan suara pada misa pertama ditanggung wilayah III sedangkan Misa kedua dari Wilayah II.

Willy Grasias.