Merayakan Bulan Kitab Suci Nasional ( BKSN ) 2023 Paroki St. Vitalis Cewonikit Mengadakan Beberapa Lomba.

Ruteng. parokicrwonikit.com – Umat Katolik memperingati Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) setiap September tiap tahunnya. Umat dianjurkan untuk semakin dekat dan mengenal Allah lewat membaca kitab suci di Bulan Kitab Suci Nasional 2022.

Gagasan untuk tekun membaca kitab suci berawal dari Dei Verbum, salah satu dokumen yang dihasilkan Konsili Vatikan II (1962-1965). Dokumen ini berbicara tentang kitab suci. Para bapa konsili pun menganjurkan agar jalan masuk menuju kitab suci dibuka selebar-lebarnya.

Peserta lomba ( foto WG)

Untuk mewujudkan itu, Paroki St.Vitalis Cewonikit melaksanakan perlombaan Bulan Kitab Suci Nasional 2023.
Menurut Ketua Panitia Willy T.Jebeot, kegiatan ini mengambil Thema Allah Sumber kasih dan keselamatan.

” Puji syukur pada Tuhan atas perkenananNya dapat melaksanakan perlombaan Bulan Kitab Suci Nasional 2023. Perlombaan ini dilaksanakan untuk mengisi Bulan Kitab Suci Nasional, mendekatkan diri pada firman Tuhan dan menjawabi kebutuhan petugas liturgis dalam perayaan Ekaristi ” katanya

Kegiatan ini memperlombakan empat mata lomba yaitu; kuis kitab suci kategori anak, lomba bertutur kitab suci kategori anak, lomba membaca kitab suci kategori remaja putra/putri, lomba menyanyi mazmur kategori remaja putra/putri.

Peserta lomba diikuti oleh delapan wilayah separoki Cewonikit. Materi lomba diambil dari materi lomba bulan Kitab Suci 2023 yaitu Kitab Yoel dan Yunus dan mazmur Minggu biasa ke 24. Sementara juri diambil dari para dosen dari STIPAS St. Sirilus Ruteng yakni Romo Hironimus Bandur, Romo Emanuel Haru, bapak Silvester Manca dan Suster Herlina Hadia, SSp.S.

Para juri lomba dari STIPAs St.Cyrilus Ruteng ( foto WG)

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 23-24 September 2023. Pada tanggal 23/9/2023 dimulai jam 15.00 dengan materi lomba Lektor, lomba mazmur, sedangkan pada hari Minggu 24/9 /2023 dilaksanakan lomba bertutur kitab suci dan kuis kitab suci
Pada kesempatan itu Ketua Dewan Paroki Cewonikit Venansius Ngamal menyampaikan bahwa, kegiatan ini didanai dari dana paroki tahun anggaran 2023.

” Pendanaan kegiatan ini dari dana paroki tahun anggaran 2023 dan sumbangan para donatur. Panitia menyediakan sertifikat dan hadiah uang untuk juara 1,2,3 dari setiap mata lomba, sedangkan peserta lain diberikan sertifikat dan uang transport seadanya ” kata Venansius ketua DPP yang baru dilantik Minggu 17 September Minggu yang lalu.

Semoga kegiatan ini menjadi landasan kokoh bagi semua, terutama anak- anak dan remaja serta sarana untuk lebih mengetahui Tuhan melalui Kitab Suci.

Redaksi/ WG