Pembekalan Untuk DPP dan DPK Pengurus Wilayah, Kelompok Paroki Cewonikit.

Ruteng. Parokicewonikit.com – Pembekalan calon pengurus Dewan Pastoral Paroki wa ( DPP ) dan Dewan Keuangan Paroki ( DKP) serta Pengurus Wilayah, Kelompok periode tahun 2023 s/d 2027 paroki Santo Vitalis Cewonikit Keuskupan Ruteng diselenggarakan di Aula Paroki hari Sabtu 9 September 2023.

Jumlah peserta yang hadir sekitar 100 orang dari calon pengurus DPP dan DKP serta pengurus Wilayah, juga Kelompok.

Dalam sambutannya, Pastor Paroki Romo Ardi Obot menyampaikan bahwa menjadi DPP, DKP dan Pengurus Wilayah, Kelompok dalam wilayah Paroki ini berarti harus siap menjadi pelayan, menjadi gembala dan hidup doa dalam mengerjakan umat.

” Menjadi DPP, DKP dan Pengurus Wilayah, Kelompok dalam wilayah Paroki ini berarti harus siap menjadi pelayan, menjadi gembala dan hidup doa dalam mengerjakan umat. Itulah yang ingin dicapai dalam kegiatan pembekalan ini ” arahannya.

RD Ardi Obot, PR

Narasumber dalam pembekalan ini adalah para Imam dari Pusat Pastoral Keuskupan Ruteng yaitu, Direktur Puspas Romo Martin Chen, Romo Andi Jeramat kelua Komisi Liturgi, dan Romo Marten Jenarut Ketua JPIC Keuskupan Ruteng.

Kenapa pembekalan ini dibuat? Menurut Romo Martin Chen Direktur Puspas Ruteng;

” Pembekalan DPP di paroki itu selalu dalam terang visi misi Keuskupan Ruteng. Keuskupan Ruteng memiliki visi: Persekutuan umat Allah yang beriman utuh, dinamis, dan transformatif ” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, setiap umat menyadari dirinya sebagai bagian dari persekutuan (communio) umat Allah. Karena itu, sebagai persekutuan umat Allah, umat Allah mesti berjalan bersama, tidak berjalan sendiri-sendiri.Iman yang utuh tampak dalam karya pastoral yang merangkul seluruh aspek kehidupan Gereja yang saling terkait, yaitu pewartaan, pengudusan, pelayanan, persekutuan (bukan liturgisentris).

Karya pastoral pun mesti meliputi diri manusia sepenuhnya dalam aspek rohani dan jasmani, dan dalam pergulatan duniawi dan kerinduan surgawi.Iman yang utuh pun tampak dalam perhatian untuk berbagai dimensi manusia (dimensi personal, sosial dan ekologis) dan menjangkau berbagai aspek kehidupan manusia, seperti sosial ekonomi, sosial politik dan sosial budaya.Iman yang dinamis itu mengacu pada karya pastoral yang bukan doktrinal dan rubrikal, tetapi bertolak dari pergumulan konkret manusia.

” Dengan itu, karya pastoral dinamis itu mesti hidup, kreatif, dan berkembang serta berbuah. Inilah wajah ‘gereja dengan pintu-pintu terbuka’ (Evangelii Gaudium 47), bukan gereja yang narsis (eksklusif). Sementara beriman transformatif, tampak dalam pembaharuan diri yang meliputi pola pikir dan perilaku/pertobatan (SDM: pengetahuan, kesadaran, keterampilan, komitmen dan perilaku, keteladanan). Transformasi juga tampak dalam pembaruan kehidupan Gereja, pembaharuan sistem, struktur, aturan sehingga menjadi efisien dan efektif, transparan dan akuntabel. Transformasi itu pun berlanjut pada pembaharuan masyarakat yang diresapi oleh nilai-nilai injili ” jelasnya.

Dengan demikian karya pastoral tidak hanya mengurus liturgi, tetapi memperhatikan keseimbangan dan kelanjutannya dengan bidang pewartaan Sabda Allah, bidang persekutuan (keluarga, anak-remaja, OMK, KBG), bidang diakonia (pelayanan dan keterlibatan sosial), dan sistem pastoral yang bertolak dari pergumulan konret kehidupan umat (kontekstual) dan yang mengarahkan pelayanan pastoral secara integral (bdk. LG 8) (manajemen pastoral).

Semangat inilah yang mendasari pembagian kerja dalam Dewan Pastoral Paroki (DPP) dan Dewan Keuangan Paroki.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan merancang program dan kegiatan sesuai visi misi keukupan Ruteng Persekutuan umat Allah yang beriman utuh, dinamis, dan transformatif.

Kecuali itu, rencana pelantikan DPP, DKP, Pengurus Wilayah, Kelompok untuk periode 2023 – 2027 akan dilaksanakan pada hari Minggu 17 September 2023 di Gereja St.Vitalis Cewonikit Ruteng.

Redaksi/WG