Paduan Suara WKRI Pada Hut ke 99 WKRI Tingkat DPC Paroki St.Vitalis Cewonikit Ruteng NTT

Ruteng. parokicewonikit.com – Tahun ini, WKRI genap berusia 99 tahun dan tetap eksis sejak kelahirannya pada 26 Juni 1924 di Yogyakarta yang diprakarsai oleh Raden Ajeng Soelastri Soejadi Sasraningrat Darmaseputra.26 Juni 2023
HUT WKRI ke-99 mengambil tema “Wanita Katolik Repunlik Indonesia mewujudkan kesejahteraan bersama.

Tema ini sejalan dengan Visi WKRI adalah: Organisasi yang bersifat sosial aktif, mandiri, memiliki kekuatan moral dan kemampuan yang handal dalam menjalankan karya-karya pengabdian untuk mewujudkan kesejahteraan bersama serta menegakkan harkat dan martabat manusia.

Sejalan dengan visi tersebut WKRI Cabang Paroki St. Vitalis Cewonikit, Keuskupan Ruteng propinsi NTT merayakan HUT ke 99 ormas wanita Katolik itu, yang puncaknya pada perayaan Misa di Gereja Paroki itu, Minggu 26/6/2023, petugas liturgi ditanggung WKRI.

Paduan suara WKRI, dirigen ny.Elsy Kejuru, organis ny. Erni Dahat ( foto WG )

RD Ardi Obot, dalam kotbahnya menyitir tentang peran ormas wanita Katolik yang tetap eksis dan berperan sebagai mitra gereja katolik dalam mengusahakan kesejahteraan bersama.

” Berkenaan dengan perayaan HUT ke 99 WKRI pada hari ini, kita diingatkan tentang peran ormas wanita dalam kemitraan dengan aktifitas gereja katolik, mereka telah mengusahakan kesejahteraan bersama seperti yang ditunjukan mereka selama ini, dan hari ini ormas ini mengiringi misa hari ini dengan koor yang indah ” pujinya.

Selanjutnya kata dia tahun ini, WKRI genap berusia 99 tahun dan tetap eksis sejak kelahirannya pada 26 Juni 1924 di Yogyakarta yang diprakarsai oleh Raden Ajeng Soelastri Soejadi Sasraningrat Darmaseputra.

” Santa Pelindung Organisasi adalah St. Anna, Ibunda Bunda Maria yang melahirkan Juru Selamat. Pesta nama St. Anna setiap tanggal 26 Juli ‘ infonya.

Usai perayaan Ekaristi dilanjutkan dengan ramah tama sederhana di pendopo Pastoran Wakil ketua DPC paroki St. Vitalis Cewonikit Nyonya Veronika Namun menjelaskan tentang struktur organisasi WKRI.

” Organisasi Wanita Katolik RI terstruktur dari Unit Basis yaitu Dewan Pengurus Ranting (DPR), Dewan Pengurus Cabang (DPC), Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Pusat (DPP) berkedudukan di ibu kota. Sebagai anggota Gereja Universal Wanita Katolik RI menjadi anggota World Union of Catholic Women’s Organisations (WUCWO) yang beranggotakan lebih kurang 100 negara. Sudah sejak tahun 1937 organisasi perempuan tingkat dunia ini mengenal Wanita Katolik. Masuk menjadi anggota sejak tahun 1957 ” kata wanita mantan petugas Asuransi Bumi Putra 1912 yang diamini oleh Ibu Triny Mbon.

Sebelum perayaan puncak hari beberapa kegiatan yang mewujudkan kebersamaan diantaranya menfasilitasi pelayanan Misa untuk anggota WKRI, Anjang sana ke Panti asuhan pelayan kasih dan RSJ Renceng Mose, Jalan Sehat, kunjungan orang sakit pada hari orang sakit sedunia.

Redaksi/WG