Rumpun Pewartaan Paroki Cewonikit Siap Sukseskan Katekese Ekonomi SAE

Ruteng. parokicewonikit.com – Tahun 2023, pusat perhatian Gereja Keuskupan Ruteng adalah Pastoral Ekonomi Berkelanjutan : Sejahtera, Adil, dan Ekologis ( Ekonomi SAE ). Keuskupan merancang beragam program terkait program pastoral  ekonomi ini.

Satu diantaranya adalah program edukasi berupa katekese umat. Secara umum katekese umat bertujuan memperkenalkan Tahun Ekonomi SAE dengan segala program dan gerakan. Dengan memperkenalkannya diharapkan umat memahami dan kemudian tergerak untuk terlibat  dan melaksanakannya.

Demikian bagian arahan Pastor Paroki Cewonikit RD. Ardi Obot, Pr dalam pertemuan dengan para Katekis/Katekista, pimpinan komunitas Biara Suster, para Kepala SD,SMP, SMA, para Guru Agama Katolik SD, SMP, SMA dalam wilayah Paroki St. Vitalis Keuskupan Ruteng, Minggu 5/3/2023 di aula Paroki Cewonikit.

“ Menindaklanjuti program pastoral keuskupan Ruteng tahun Ekonomi Berkelanjutan 2023, dimana setiap Paroki dalam wilayah Keuskupan ini wajib melaksanakan Katekese, yang diawali pada masa Puasa tahun ini, sebagai Aksi Puasa Pembangunan ( APP ) “ Katanya.

Para fasilitator sedang mendengar arahan Ketua Seksi Kristian Dahurandi (foto WG)

Kata dia selanjutnya, bahwa Gereja berada di tengah dunia. Karena posisinya demikian, maka Gereja tidak dapat memisahkan diri dari dinamika dunia. Gaudium et Spes mengangkat karakteristik ini dengan mengatakan bahwa; kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan, orang orang jaman sekarang, merupakan  kegembiraan  dan harapan, duka dan kecemasan Gereja, persekutuan para murid Kristus. Terkait hal ini, kaum  miskin dan orang yang menderita disebutkan secara kusus ( GS 1 ).

Rapat yang penuh dengan suasana serius itu selanjutnya dipimpin oleh Kristian Dahurandi sebagai ketua Seksi Katekese Paroki Cewonikit dengan beberapa keputusan yang  akan dilaksanakan oleh rumpun pewartaan Paroki ini selama tahun 2023,  yaitu :

1, Pada masa Puasa ini Umat pada KBG akan dikunjungi oleh imam untuk persiapan Paskah dalam bentuk pengakuan dosa.

2. Katekese dilaksanakan untuk kelompok kategorial yaitu, Putra/putri Altar, Sekami dan para siswa SD, SMP dan SMA dalam wilayah Paroki Cewonikit.

3.  Katekese untuk umat pada KBG akan dilaksanakan pada bulan Mei 2023, sehingga materi Katekese itu tuntas dilaksanakn.

4. Sebelum berkatekese para fasilitator akan dilatih ketrampilan dalam  berkatekse dengan beberapa simulasi sesuai thema I sampai IV yang akan dilaksanakan di aula Paroki.

Dengan dihasilkannya beberapa keputusan itu, maka para peserta diharapkan berkomitmen untuk melaksanakan tugas yang sungguh bermartabat ini dengan serius dan yang paling penting dalam katekese ialah kesiapan diri pribadi para fasilitator.

Kepada peserta rapat room Ardi berharap “ Kita semua terpanggil untuk mewartakan Kristus sesuai dengan thema yang sudah diturunkan oleh Komisi Kateketik Puspas Keuskupan Ruteng, laksanakan tugas mulia ini, kita diharapkan trampil dan yang paling penting adalah harus sejalan pewartaan dan perilaku kita semua “ harap  Romo Ardi.

Redaksi / WG