Keselamatan Itu Bersemi Dari Hati.

Ruteng. parokicewonkit.com – Minggu 4/12/2022 adalah adven minggu kedua, bacaan hari ini menampil Yohanes Pembaptis yang dengan lantang menyerukan: “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis”. Dan seruan ini disampaikan di padang gurun.

Padang gurun lambang hidup yang penuh tantangan, lambang hati yang kering tanpa harapan, penuh bahaya yang mengancam, tidak ada kehidupan. Padang gurun adalah lambang hati manusia yang jauh dari kebahagiaan dan keselamatan, karena dosa.

Di padang gurun hati manusia inilah Yohanes berteriak lantang agar bertobat. Jalan hati ini harus disiapkan untuk datangnya Tuhan. Jalan hati yang bengkok harus diluruskan, yang lekak-lekuk oleh kesombongan harus diratakan, agar semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan.

Keselamatan itu bersemi dari hati, jalan hati yang pantas bagi Tuhan. Buah pertoobatan adalah kasih, pengampunan, keadilan, perbuatan-perbuatan baik dan benar seturut kehendak Allah. Jalan hati yang disiapkan adalah pertobatan.Bertobat dalam setiap perkataan dan perbuatan.

Demikian resapan kotbah RD. Ardi Obot pastor Paroki Cewonikit Keuskupan Ruteng yang disampaikan kepada umatnya pada Misa kedua di Gereja Paroki itu. Secara spesifik gembala umat paroki itu berkata tentang keselamatan;

“ Keselamatan itu membutuhkan persiapan, yang terkadang sulit bagi kita, namun bukan tidak mungkin. Keselamatan harus kita upayakan dengan penuh ketekunan dan sukacita, sebagai sebuah ziarah menuju kepada keselamatan, yaitu Tuhan itu sendiri. Persiapan itu diperlukan agar kita tanpa hambatan dapat sampai pada perjumpaan yang membahagiakan “ katanya.

Koor dari KBG Lempe I dan II ( foto WG)

Terkait masa Adven, imam yang selalu tampil ceria dan menawan itu mengajak  “ masa penuh rahmat kita menantikan dan mempersiapkan serta menyongsong penuh sukacita kedatangan-Nya. Kita menyambut-Nya dengan penuh harapan. Kita berharap dan membiarkan Allah berkarya secara gilang-gemilang dalam hidup kita masing-masing. Inilah jalan yang dapat kita tempuh yakni pertobatan. Jangan tunda untuk bertobat “ ajaknya.

Misa Minggu kedua masa Advent ini koor ditanggung oleh umat dari KBG st. Maximilian Kolbe Lempe I dan KBG St. Aloisius Lempe II yang dipandu dirigen ibu Agnes Palung membuat perayan persiapan Natal itu sungguh meriah.

Redaksi / WG

,