RD. Ardi Obot: “Misa di Depan Gua Maria Harus Menjadi Tradisi Umat Paroki Santo Vitalis Cewonikit.”

Ruteng. parokicewonikit.com – Ratusan umat dari berbagai kalangan tampak memenuhi pelataran gua Maria Hati Kudus Cewonikit pada Senin (31/10), dalam rangka merayakan Misa Kudus penutupan Bulan Rosario. Peristiwa ini menurut RD. Ardi Obot merupakan tradisi baru umat Paroki Santo Vitalis Cewonikit yang harus dilaksanakan oleh umat Paroki.

“Alasan saya untuk membangun tradisi ini adalah agar umat menyadari betul bahwa peran Bunda Maria itu sangat luar biasa untuk mengantar semua doa-doa kita kepada Bapa di Surga. Ada banyak orang yang berdoa di depan gua Maria ini mengalami pengabulan doa,” jelas RD. Ardi.

RD. Ardi Obot Saat Memimpin Misa Penutupan Bulan Rosario

Kepada parokicewonikit.com, RD. Ardi juga juga mengatakan bahwa antusias umat yang menghadiri perayaan Ekaristi di depan gua Maria adalah bentuk pengabulan doanya secara pribadi kepada Tuhan.

“Karena saya sebagai seorang Imam yang berdevosi kepada Bunda Maria, ini adalah bentuk pengabulan doa pribadi saya sebagai imam, bahwa saya ingin membawa seluruh umat kepada Tuhan melalui Bunda Maria,” lanjutnya.

Ketua Dewan Pelaksana Pastoral (DPP) Paroki Santo Vitalis Cewonikit, Paskalis Jemali (53) juga menjelaskan bahwa pembangunan gua Maria serta tradisi baru di Paroki Santo Vitalis Cewonikit ini merupakan kerinduan umat.

“Tradisi ziarah di Paroki Cewonikit sudah berlangsung lama, tetapi setelah dibangunnya gua ini antusiasme umat semakin tinggi. Sangat penting membangun sarana dan prasarana di Paroki untuk membangkitkan semangat devosi kepada Bunda Maria,” tutur Paskalis. “Kita selaku umat dan pengurus DPP merasa bangga, bahwa kerinduan kita akhirnya terjawab,” tegasnya.

Suasana Perayaan Ekaristi di Depan Gua Bunda Hati Kudus Cewonikit (foto: Emiliano)

Pernyataan Ketua DPP juga tergambar dari tanggapan umat yang menghadiri perayaan Ekaristi. Waldetrudis Agun (50), salah satu umat yang menghadiri perayaan Ekaristi, menyatakan kekaguman dan kegembiraannya terhadap tradisi baru yang terjadi di Paroki Santo Vitalis Cewonikit.

“Sangat luar biasa. Saya sangat terharu, karena baru terjadi di Paroki kita ini Misa di depan gua. Pastor Parokinya juga yang memimpin sangat luar biasa. Saya berharap kedepannya akan begini terus dan suatu saat jika Pastor Paroki diganti, harus bisa seperti Romo Ardi,” tutur Waldetrudis.

Perayaan Ekaristi ini juga dimeriahkan oleh kelompok paduan suara Kantate Domino. RD. Ardi dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada kelompok paduan suara “perintis” di Paroki Santo Vitalis Cewonikit ini. Ia berharap semangat pelayanan ini dapat menjadi contoh umat lain, khususnya orang muda.

Perayaan Ekaristi bersama di depan gua Maria ini merupakan salah satu perayaan yang sudah berlangsung dari bulan September 2021 sejak tugas Pastoral RD. Ardi Obot di Paroki Santo Vitalis Cewonikit.

Redaksi/Emiliano Surendra Nagawatu

, , ,