KBG Santo Antonius Dari Padua Capai Rekor Sumbangan Pengecatan Gereja Cewonikit

Ruteng. parokicewonikit.com – Penutupan Misa kelompok dalam rangka penggalangan dana pengecatan gereja Paroki Santo Vitalis Cewonikit menjadi kebanggan tersendiri bagi Kelompok Basis Gerejawi (KBG) Santo Antonius Dari Padua. Pasalnya, KBG ini berhasil mengumpulkan dana sumbangan sebesar 19 juta rupiah. Pencapaian ini diumumkan langsung oleh pengurus KBG seusai perayaan Ekaristi yang dilaksanakan di kediaman Wilhelmus Ebok pada Selasa (25/10/2022).

“Dengan bangga kami umumkan malam ini bahwa KBG kami sudah mengumpulkan dana sebesar 19 juta rupiah,” jelas Venansius Ngamal Selaku sekertaris KBG.

Penyerahan Sumbangan Oleh Pengurus KBG (foto: Emiliano)

Tidak hanya itu, KBG ini juga mengumpulkan dana stipendium sebesar 1 juta rupiah dan kolekte sebesar 600 ribu rupiah. Menurut ketua KBG Santo Antonius Dari Padua, Venansius Burhan, pencapaian ini merupakan buah dari antusias umat KBG untuk ambil bagian dalam pembangunan gedung gereja.

Awalnya, pengurus KBG Santo Antonius Dari Padua sepakat untuk menggunakan dana kas KBG sebagai sumbangan mereka. Namun, umat KBG tidak menyetujui kesepakatan pengurus dan mendesak agar membagikan amplop kepada seluruh umat.

“Awalnya saya panggil pengurus untuk diskusikan ini dan saya katakan ini bukan soal kunjungan Beliau untuk partisipasi uang itu, bukan, tetapi ini soal tugas kegembalaannya melayani kita, mengunjungi kita semua. Maka, sebaiknya amplop-amplop ini tidak usah kita bagikan ke umat, kita ambil saja uang kas,” tutur Venansius dalam sambutannya seusai perayaan Ekaristi.

Sambutan Ketua KBG Santo Antonius Dari Padua (foto: Emiliano)

“Namun, semua umat memarahi saya. Mereka katakan, sekecil apapun amplop itu harus kami terima. Mai tae daku, delek eme nenggitu,” lanjutnya. Penyerahan hasil pengumpulan dana pun dilakukan secara resmi setelah rangkaian acara selesai.

Selain itu, peristiwa haru juga mewarnai perayaan Ekaristi ini. Pastor Paroki Santo Vitalis Cewonikit secara khusus mengunjungi dan memberikan Sakramen Maha Kudus kepada Tobias Kabut yang sudah lama menderita sakit. Saat prosesi Komuni berlangsung, Pastor Paroki mendatangi rumah Tobias yang berada tepat di seberang rumah Wilhelmus.

Pemberian Sakramen Maha Kudus Kepada Tobias Kabut (foto: Emiliano)

Perayaan Ekaristi atau Misa kelompok yang diadakan di KBG Santo Antonius Dari Padua ini merupakan bagian dari rencana DPP Paroki Cewonikit yang dilaksanakan oleh Pastor Paroki Cewonikit, Romo Ardi Obot, untuk menyukseskan kegiatan pengecatan kembali gedung gereja Paroki Cewonikit. Perayaan Ekaristi ini juga sekaligus menjadi penutup dari 44 hari kegiatan Misa di Seluruh KBG di Paroki Santo Vitalis Cewonikit.

Redaksi/Emiliano Surendra Nagawatu

, , , ,