Biarawati Mengerakan Doa Rosario Di Wilayah VII Paroki St. Vitalis Cewonikit

Ruteng. parokicewonikit.com –  Paroki St. Vitalis Cewonikit Ruteng  Keuskupan Ruteng terdiri dari 44 Kelompok Basis Gerejani ( KBG ) yang bersebar dalam 8 Wilayah. Di Wilayah 7 terdapat 4 biara yaitu, Suster Compasionis, SSpS. Ap, Dominikan dan Provinsial SSpS.

Kehadiran para biarawati itu sungguh menggerakan umat disekitarnya dalam berbagai bidang kehidupan terutama menggerakan bidang kerohanian. Dalam bidang ekonomi para suster Compasionis memberi contoh bagaimana beternak babi yang baik dan benar, sedang dalam bidang kerohanian para biarawati menggerakan masyarakat sekitar tentang hidup doa.

Doa rosario sepanjang jalan di wilayah 7 oleh suster Dominikan dari Pompei ( foto WG )

Di bulan oktober ini, seperti disaksikan parokicewonikit.com, Kamis 13/10/2022 sore hari pada pukul 17.30 WITA  para suster Dominikan dalam upaya menggerakan umat dengan berdoa Rosario sepanjang jalan dalam wilayah 7, tertangkap lensa ke  29 biarawati Dominikat itu, keluar dari biara mereka untuk melakukan doa Rosario sambil membawa lukisan Santa Perawan Maria Ratu Rosari. 

Para suster Dominikan dari Pompei ini dalam kesehariannya sesuai misi tarekat religious ini; Mempromosikan hidup religius secara spesifik kemiskinan Injil. Membina hidup persaudaraan dan komunitas sesuai cara hidup jemaat perdana. Menyelenggarakan pendidikan religius dan sipil bagi kaum muda. Menyelenggarakan pendidikan bina iman bagi anak-anak dan kaum muda. Mewujudnyatakan perbuatan-perbuatan cintakasih melalui pelayanan kepada orang sakit dan miskin.  Setia kepada karisma Kongregasi  Dominikan Bunda Maria Rosario Suci, dan mengikuti tradisi Ordo Dominikan, kami menghormati Bunda Maria dengan doa Rosario setiap hari.Kongregasi saat ini  berkarya  di Italia, Amerika, dan Asia, khususnya  Indonesia. Di Indonesia hadir di Keoskupan Ruteng-Flores, sejak tahun 2008.

Doa rosario di KBG St. Yosef ( Foto WG )

Terpisah pada hari itu juga Kamis, 13/10/2022 biarawati dari biara Holly Spririt SSpS Provinsi Flores Barat yang dipimpin Suster Maria Yohana berbaur dengan umat KBG St. Yosef Wilayah 7 dalam doa bergilir dari rumah ke rumah. Usai doa Sr. Retno Yebrin, SSpS menyampaikan.

“ Kami secara bergilir ikut bersama umat dalam dua KBG yang dekat dengan biara yaitu KBG  St. Yohanes Maria Vianey Lempe 7 Wilayah 8 dan KBG St. Yosef Wilayah 7, dan kegiatan ini membuat kami bahagia berbaur bersama umat dalam mendaraskan doa Rosario di bulan yang syarat devosional kepada Bunda Maria “ katanya.

Atas kegiatan yang menggerakan umat dari biarawati yang tinggal dalam wilayah VII paroki St. Vitalis Cewonikit ini,  umat sangat bangga sebab para biarawati  tidak hanya berdoa dibalik tembok biara namun keluar untuk bersama umat berdoa Rosario di bulan Oktober ini.

“ Kami bangga dan digerakan untuk tekun berdoa dari rumah ke rumah dalam bulan Oktober ini, karena kegiatan para biarawati dalam wilayah ini, sore hari kita digerakan oleh prosesi doa yang dilakukan oleh para biarawati Dominikan dari Pompei melalui doa doa sepanjang jalan dalam wilayah ini dan malam harinya bersama suster dari biara Holly Spririt Provinsi SSpS Flores  Barat di rumah warga di KBG St. Yosef “ komentar Bernadus  Nabu tokoh umat dari KBG St. Yosef.

Para Suster dari baiara holly spirit berdoa bersama umat KBG St. Yoseg ( foto WG )

Doa Rosario pada bulan Oktober setiap tahun dilaksanakan oleh umat Katolik untuk menghormati Bunda Maria sesuai perannya dalam karya keselamatan, melalui rahimnya Yesus sang juru selamat lahir ke dunia untuk menyelamatkan umat manusia.

Redaksi/WG