Pastor Paroki St. Vitalis Cewonikit Kembali Diterima Dengan Adat Tuak Curu

Ruteng. parokicewonikit.com – Peristiwa menarik kembali terjadi pada kegiatan misa kelompok atau perayaan ekaristi di Paroki St. Vitalis Cewonikit. Prosesi adat tuak curu kembali dilakukan untuk menerima kedatangan Pastor Paroki. Kali ini prosesi adat dilakukan oleh Kelompok Basis Gerejawi (KBG) St. Gabriel Wae Gogol dan Wilhelmus Meta sebagai pembicara.

“Terima kasih kepada Romo yang sudah meluangkan waktu mengunjungi kami di sini. Kami siap untuk mengikuti kegiatan misa yang akan kami dan Romo laksanakan pada malam ini,” sapa Wilhelmus saat prosesi tuak curu di Wae Gogol pada Rabu, (28/9/2022).

Prosesi Adat Tuak Curu di KBG St. Gabriel (foto: Emiliano)

Sebagai ungkapan terima kasih, Pastor Paroki St. Vitalis Cewonikit menanggapi sapaan ini degan wali sebagai tanda ia menerima dengan tulus hati sapaan tadi.

“Terima kasih atas penerimaan ini. Marilah kita bersatu hati dalam perayaan ekaristi malam ini. Untuk mempererat silaturahmi, maka ini tanda kehadiran saya. Neka totos nomor, ho’o tandan ongkos tombo cawis nai one takung misa nggeluk. Neka behas neho kena, koas neho kota,” jawab Romo Ardi menggunakan bahasa daerah Manggarai.

Selain itu, peristiwa haru juga mewarnai perayaan ekaristi ini. Fabianus Jelahu, salah seorang umat kelompok yang sudah tujuh tahun menderita strok menerima berkat dan pelayanan sakramen maha kudus dari Pastor Paroki di kediamannya saat penerimaan hosti kudus. Istri dan anaknya turut serta mendampingi dalam peristiwa tersebut.

Pemberkatan Fabianus Jelahu Oleh Romo Ardi (foto: Emiliano)

“Jaga kesehatan e, kaka Fabianus. Kuasa Tuhan pasti memberi kesembuhan bagi umat yang percaya kepada-Nya,” pesan Romo Ardi kepada Fabianus setelah pemberian sakramen maha kudus.

Perayaan ekaristi atau misa kelompok di KBG St. Gabriel Wae Gogol ini merupakan perayaan ekaristi kelompok ke 32 dan merupakan bagian dari rencana DPP Paroki Cewonikit yang dilaksanakan oleh pastor Paroki Cewonikit, Romo Ardi Obot, untuk menyukseskan kegiatan pengecatan kembali gedung Gereja Paroki Cewonikit.

Redaksi/Emiliano Surendra Nagawatu

, , , ,