Misa Kelompok Benteng Daud Bilas, Mengumpulkan Kebaikan

Ruteng. parokicewonikit.com – Misa Kelompok yang dilaksanakan oleh Pastor Paroki Cewonikit Keuskupan Ruteng sudah memasuki hari ke 28 berarti sudah 28 Kelompok Basis Gerejawi  (KBG) dari rencana 44 Kelompok Basis Gerejawi  (KBG) dalam wilayah Paroki ini. Misa pada KBG Benteng Daud Bilas Ruteng dilaksanakan pada Sabtu, 24/9/2022 di rumah Dody Jehabut.

Dalam mengantar Misa Kudus malam itu Romo Ardi Obot Pastor Paroki Cewonikit menyampaikan; “ Tibalah saatnya kita dalam  satu gerakan Misa pada KBG dan saat ini sudah memasuki KBG ke 28. Misa kelompok ini kita laksanakan dalam kerangka mengumpulkan kebaikan. Pada Misa ini, semua kita dipersatukan dalam perayaan Ekaristi Kudus sebagai puncak iman Katolik. Kita saling menyapa, mengenal dan yang terutama saling mendoakan dan itu adalah sebuah kebaikan“ jelas

Selanjunya dalam Bacaan suci sebagai pewartaan Romo Ardi mengambil bacaan dari  Lukas 16. 19-31 tentang orang kaya dan Lazarus yang miskin. Melalui perumpamaan ini Yesus mengajarkan bahwa manusia sudah cukup diberikan segala petunjuk bagaimana semestinya mereka menunjukkan kepedulian kepada sesamanya. Ia hanya perlu mengikuti semua ajaran Musa dan para nabi, dan tidak perlu menunggu keajaiban seperti mendengar laporan dari orang yang kembali dari kematian.

” Di sini pun terlihat bahwa orang kaya yang masih mengandalkan kekayaannya hingga masuk ke dalam penderitaan abadi masih berlaku sombong. Dengan menitipkan pesan kepada Abraham agar di sampaikan kepada Lazarus untuk meneteskan air ke lidahnya yang sebenarnya hanya berada dalam Melalui perumpamaan ini Yesus mengajarkan bahwa manusia sudah cukup diberikan segala petunjuk bagaimana semestinya mereka menunjukkan kepedulian kepada sesamanya. Ia hanya perlu mengikuti semua ajaran Musa dan para nabi, dan tidak perlu menunggu keajaiban seperti mendengar laporan dari orang yang kembali dari kematian “ jelas Romo Ardi.

Beberapa penulis menganggap bahwa perumpamaan adalah parodi terhadap Imam Besar Kayafas Di sini pun terlihat bahwa orang kaya yang masih mengandalkan kekayaannya hingga masuk ke dalam penderitaan abadi masih berlaku sombong. Dengan menitipkan pesan kepada Abraham agar di sampaikan kepada Lazarus untuk meneteskan air ke lidahnya. Namun hal itu tidak pernah terjadi sebab dunia seberang sudah berbeda dengan kondisi yang ada di dunia ini, sewaktu  manusia masih hidup. Ini berarti kebaikan itu, hanyalah ada di dunia ini.

Umat kusuk dalam perayaan Ekaristi di KBG Benteng Daud Bilas.

Menanggapi hal ini, Kordianus Dino Warum usai misa mewakili Warga Kelompok mengomentari bahwa pelaksanaan Misa Kelompok ini sebagai upaya menjelaskan dan sekaligus pewartaan tentang bagaimana kebaikan itu menjadi cara hidup warga kelompok adalah cara piker yang harus berada didalam hati setiap warga di KBG Benteng Daud Bilas Ruteng.

“ Terima kasih Romo Ardi, renungan mala mini, sangat menyentuh dan semoga menjadi cara piker dan cara hidup kami, bahwa kebaikan yang diwartakan Romo mala mini, semoga menjadi bagian dari hidup kami di  KBG Benteng Daud Bilas Ruteng “ harapnya.

Kecuali itu, dalam kaitan dengan gerakan mengumpulkan kebaikan yang dimeteraikan dengan perayaan Ekaristi sehubungan dengan aksi mengumpulkan dana untuk pengecatan gedung Gereja Cewonikit Ketua Kelompok Flavianus Jehadun mengumumkan bahwa capaian yang berhasil dikumpulan dari 28 Kepala Keluarga ( KK ) berdasarkan kategori yang ditetapkan Dewan Pastoral Paroki Cewonikit sebesar enam juta lebih, jumlah ini merupakan akumulasi dari pengembalian amplop dan kolekte serta sumbangan perorang dari umat dalam KBG ini.

Perayaan ekaristi atau misa kelompok di KBG Benteng Daud Bilas merupakan bagian dari rencana DPP Paroki Cewonikit yang dilaksanakan oleh pastor Paroki Cewonikit, Romo Ardi Obot, untuk menyukseskan kegiatan pengecatan kembali gedung Gereja Paroki Cewonikit.

Redaksi / WG. Editor : Emilano Surendra Nagawatu

, ,