KBG St. Martinus Lawir IV Mengadakan Misa Kelompok Sekaligus Perpisahan

Ruteng. parokicewonikit.com – Kelompok Basis Gerejawi (KBG )St. Martinus Lawir IV melaksanakan perayaan ekaristi atau misa kelompok sekaligus mengadakan acara perpisahan dengan umat sesama kelompok yang akan berpisah dalam pemekaran KBG Lawir IV. Pemekaran ini dilakukan karena peningkatan jumlah umat yang semakin bertambah setiap tahun.

“Umat di KBG St. Martinus kami dalam beberapa tahun ini meningkat, sehingga pada bulan Juni lalu kami sudah mengadakan pertemuan dan sepakat untuk memekarkan kembali KBG ini,” Kata Virmina Mamul pada sambutannya sebagai ketua KBG St. Martinus Lawir IV pada Selasa (20/9/2022).

Sambutan Ketua KBG St. Martinus Lawir IV (foto: Emiliano)

Virmina juga menjelaskan bahwa pelaksaan pemekaran KBG secara administrasi akan dilaksanakan pada awal tahun 2023. Untuk sementara, beberapa kepala keluarga masih dalam satu KBG hingga prnghujung tahun 2022.

Dalam kesepakatan rapat beberapa waktu lalu, umat KBG St. Martinus Lawir IV memutuskan pembagian KBG akan dibagi dua yaitu sisi timur jalan raya Lawir sebagai KBG St. Martinus dan sisi barat jalan sebagai KBG baru dengan nama St. Matius.

“Pembagian kelompok dengan batas jalan raya juga mempertimbangan efisiensi dalam melakukan kegiatan kelompok. Selain itu, jika ada umat baru yang datang akan semakin mudah membagi anggota,” jelas Virmina.

Sementara itu, misa kelompok juga dihadiri oleh biarawati-biarawati dari Biara Abdi Hati Kudus Yesus Berduka. Berdasarkan keterangan Suster Gardania, biara yang dibangun disekitar pemukiman warga ini juga merupakan bagian dari kelompok KBG St. Martinus Lawir IV, sehingga menjadi keharusan bagi mereka untuk bergabung dalam misa kelompok dan memberi pelayanan kepada umat.

Biarawati Membantu Pastor Paroki dalam Pelayanan Ekaristi (foto: Emiliano)

“Kami hadir dalam misa kelompok ini sebagai bentuk pelayanan kami kepada umat. Kami juga merasa bahagia dan bangga bisa ikut ambil bagian dalam perayaan ekaristi di KBG ini,” terang Suster Gardania.

Perayaan ekaristi atau misa kelompok di KBG St. Martinus Lawir IV merupakan bagian dari rencana DPP Paroki Cewonikit yang dilaksanakan oleh pastor Paroki Cewonikit, Romo Ardi Obot, untuk menyukseskan kegiatan pengecatan kembali gedung Gereja Paroki Cewonikit.

Redaksi/Emiliano Surendra Nagawatu

, , , ,