Cara Hidup Jemaat Perdana dalam Diri KBG Sta. Dominika Lawir II

Ruteng. parokicewonikit.com – Kegiatan ekaristi atau misa kelompok bersama seluruh Kelompok Basis Gerejawi (KBG) di Paroki Cewonikit dalam rangka pengecatan kembali gereja kali ini dilaksanakan di KBG Sta. Dominika Lawir II pada Sabtu (17/9/2022).

Selama beberapa minggu kegiatan misa kelompok yang dilaksanakan di setiap KBG Paroki St. Vitalis Cewonikit, dilaksanakan dengan lancar. Namun, kelancaran kegiatan ini tidak terlepas dari kisah menarik tentang upaya dan kesediaan umat dalam membantu Pastor Paroki untuk menyukseskan pembangunan gereja.

Suasana Perayaan Ekaristi Kudus (foto: Emiliano)

Laurentina Bour pada sambutannya selaku ketua KBG Sta. Dominika Lawir II menceritakan perasaan pesimisnya saat mengumpulkan dana sumbangan. Hal ini mereka rasakan karena KBG Sta. Dominika sedang dalam masa persiapan pentahbisan imam dari Diakon Marselinus Alianus Ndahur. “Awalnya saya agak ragu, Romo, saat amplop-amplop (yang dibagikan paroki) itu turun dari paroki, karena kami juga sedang mengumpulkan dana untuk pentahbisan Diakon Vian.” Tutur Laurentina. “Namun, berkat cinta dan rahmat Tuhan, seluruh warga kami membuka hati. Jadi, amplop-amplop yang dibagikan sudah kami kembalikan. Walau tidak seberapa, tetapi itu merupakan pemberian ikhlas dari kami.”

Sambutan Ketua KBG Sta. Dominika Lawir II (foto: Emiliano)

Menanggapi itu, Romo Ardi sekali lagi menekankan pentignya memberi dari kekurangan. Pemberian-pemberian itu menurut Romo Ardi dapat membuka jalan bagi pembangunan gereja Paroki Cewonikit. Selain itu, Romo Ardi menjelaskan gambaran misa kelompok dengan kehidupan jemaat perdana. “Kita baca dalam Kisah Para Rasul. Mereka berkumpul untuk berdoa dan memecahkan roti, lalu dari apa yang mereka miliki mereka letakan di depan kaki rasul-rasul. Lalu, seperti yang saya khotbahkan, Bapak dan Ibu, Allah memuji pemberian orang yang tulus.” Terang Romo Ardi sebelum menutup perayaan Ekaristi.

Kegiatan misa kelompok bersama KBG Sta. Dominika Lawir II yang diadakan di kediaman Maximus Bour merupakan bagian dari rencana DPP Paroki St. Vitalis Cewonikit yang dilaksanakan oleh pastor Paroki, Romo Ardi Obot, untuk menyukseskan kegiatan pengecatan kembali gedung Gereja Paroki Cewonikit.

Redaksi/Emiliano Surendra Nagawatu

, , ,