21 Anak Terima Sakramen Babtis Di Gereja St. Vitalis Cewonikit

Ruteng. Parokicewonikit.com –  Sebanyak 21 anak di bawah umur tujuh tahun menerima Sakramen Babtis dalam Ibadat yang dipimpin oleh Pastor Paroki Rm. Ardianus Obot, Pr di Gereja St. Vitalis Cewonikit pada Minggu, 11 September 2022.

Melalui Ibadat penerimaan sakramen baptis, seseorang resmi menjadi anggota Katolik dan dinyatakan telah dihapus dari dosa asal, dosa pribadi dan hukuman atas dosa-dosa itu sehingga menjadi hidup baru bersama Kristus.

Diawal ibadat, Romo Ardi menyatakan syukur dan menyapa calon Babtis, Orang tua dan Wali babtis.

“Kita bergembira atas kelahiran anak-anak ini dan bersyukur kepada Allah karena berkenan mengangkatnya menjadi Anak Allah sendiri dan melahirkan mereka dalam keluargaNya. Dengan menyatakan kesedian menerimakan anak sakramen babtis, berarti orang tua bersedia mendidik anak dalam iman Katolik, mengasihi Allah dan sesama seturut teladan Kristus. Demikian juga wali babtis, bersedia mendampingi anak-anak ini untuk berkembang menjadi seorang kristiani sejati.” Tandas imam asal Cancar ini.

Ibadah Sakramen Permandian di Gereja Cewonikit ( Foto WJ )

Dalam upacara penerimaan sakramen baptis tersebut, Romo Ardi menanyakan kesediaan orang tua dan wali baptis untuk mendidik anak-anak sesuai ajaran iman Katolik yang benar. Pertanyaan Pastor ini diamini oleh orang tua dan wali baptis untuk melaksanakan tugas tersebut.

Setelahnya, anak-anak dihantar oleh orang tua dan wali babtis ke hadapan Romo untuk dibabtis. Romo menanyakan nama anak dan membabtis mereka dalam nama Bapa, dan Putera dab Roh Kudus, lalu menuangkan air ke atas kepala mereka.

Acara dilanjutkan dengan pengurapan minyak Krisma ke dahi anak sebagai lambang menerima Roh Kudus, menyerahan lilin bernyala sebagai cahaya Kristus yang menetap dalam diri anak dan diakhir dengan menyerahkan kain putih sebagai tanda mengenakan Kristus dalam hidup anak-anak tersebut.

Ibadat penerimaan sakramen Babtis ini berjalan dengan hikmat dan menerapkan protocol Kesehatan. Di akhir  ibadat, Romo Ardi memberi pesan agar orang tua dan wali babtis mendidik anak-anak menjadi anggota Gereja yang taat dan setia pada Kristus.

Redaksi/Willy Jebeot