Paroki Cewonikit Siap Mengikuti Festival Golokoe di Labuan Bajo.

Ruteng. Parokicewonikit.com – Keuskupan Ruteng bekerja sama dengan Pemda Manggarai Barat,  Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) dan stake holder lainnya siap menyelenggarakan Festival Golo Koe, 8-15 Agustus 2022 mendatang.

Festival ini digagas dan diorganisir oleh Keuskupan Ruteng dalam kerja sama dengan Pemda Manggarai Barat, BPOLBF, dan para stake holder pariwisata. Festival ini melibatkan umat Allah Keuskupan Ruteng dari seluruh pelosok tanah Nucalale dalam kerja sama yang erat dengan komunitas muslim dan komunitas lintas agama lainnya.

Dilansir Kabarntt.co, festival ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan pariwisata Labuan Bajo-Flores yang berakar dan bertumbuh dalam keunikan dan kekayaan kultural dan spiritual setempat. Festival religi kultural ini juga bermaksud untuk mendorong dan menggiatkan semua kegiatan ekonomi kreatif masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Festival Golo Koe Labuan Bajo ini ingin mengungkapkan bahwa pariwisata sejatinya adalah ziarah mengendus jejak Allah dalam suka cita perjumpaan antarmanusia, antarbudaya, dan ketakjuban alam yang mempesona. Ziarah ini mencapai kepenuhannya dalam perjumpaan dengan Sang Khalik, pencipta dan penyelenggara semesta alam. Itulah yang disimbolkan dalam perayaan Ekaristi Maria diangkat ke Surga (Maria Assumpta).

Merespons kegiatan itu, Paroki Cewonikit pimpinan RD. Ardi Obot siap mengingkuti kegiatan Festival ini dengan mengutus 10 orang peserta serta mengikutkan 10 orang penari dan lima orang ofisial dari sanggar Wela Kaweng yang dikomandani oleh Arny Umbu.

RD Ardi Obot, Pr. Sejalan dengan arahan Pada rapat persiapan beberapa waktu lalu Sabtu 6/8/2022 menyampaikan;

“ Dalam rangkah menyambut pariwisata holistic yang dicanangkan Keuskupan Ruteng pada tahun 2022, yang sala satu agendanya adalah Festival Golo Koe yang mengusung thema Pariwisata Holistik: Berpartisipasi, Berbudaya, dan Berkelanjutan. Dengan kesadaran penuh, maka Paroki Cewonikit dengan sumber daya yang ada, siap mengikuti kegiatan yang bermartabat itu “ katanya.

Kata dia, semua persiapan telah rampung dan siap pentas di Labuan Bajo dalam pekan pentas seni yang menampilkan keindahan suara dan tari dan serta kemagisan musik dan seni teatrikal budaya Manggarai, Flores, dan suku-suku Nusantara.

Kostum kontingen Paroki Cewonikit ( Foto WG )

Sejalan dengan itu Arny Umbu pemimpin Sanggar Wela Kaweng by phone menyampaikan bahwa untuk pentas seni setiap paroki akan membawa satu paket acara maka, kami sudah siap.

“ Kami sudah siap dengan sebuah paket acara tarian Teku Wae, sebuah tarian kreasi untuk mengisi acara pada festival Golo Koe di Labuan Bajo “ katanya.

Diketahui, adapun event-event utama festival ini antara lain opening ceremony pada 8 Agust 2022 yang diwarnai oleh defile utusan paroki, lembaga, komunitas suku Flores dan Nusantara serta komunitas lintas agama. Launching Festival ini akan dimeriahkan oleh konser penyanyi nasional asal Manggarai Ivan Nestorman.

Juga ada pekan pameran dan kuliner yang melibatkan UMKM dari seluruh wilayah Keuskupan Ruteng (Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai Timur). Mereka akan menyajikan keunikan dan kekayaan ekonomi kreatif di Manggarai Raya ini.

Lain lagi yakni kegiatan ekologis dan karitatif. Kegiatan ekologis berupa penanaman bambu dan bakau di DAS dan wilayah pantai serta pembersihan lingkungan. Kegiatan sosial karitatif berupa kunjungan dan pembagian sembako kepada panti-panti sosial dan sesama yang membutuhkan.

Juga ada Prosesi Akbar Bunda Maria Assumpta Nusantara pada 14 Agustus 2022 yang akan dilakukan baik di darat maupun di laut Labuan Bajo. Prosesi ini berakar dalam tradisi umat Katolik di Flores dan dijalankan dalam semangat kebersamaan dan toleransi dengan komunitas lintas agama.

Pada tanggal 15 Agustus akan ada Misa Agung Maria Assumpta Nusantara yang dipimpin Yang Mulia Uskup Ruteng bersama ratusan imam konselebran di Waterfront City Labuan Bajo. Malam penutupan festival ini akan dimeriahkan pula oleh penampilan artis Citra Scholastika.

Panitia mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam seluruh rangkaian kegiatan festival ini serta menyebarluaskannya kepada semua orang yang ingin berbagi suka cita di kota Super Premium Labuan Bajo, Flores.

Redaksi.

,