Sedikit Doa Yang Kita Berikan Bagi Orang Yang Meninggal , Lebih Banyak Balasan Untuk Yang Ditinggalkan

Ruteng. Parokicewonikit.com -Nyonya Bergita Roma da Gomes istri tercinta bapak Daniel Kopong, meninggal dunia di Ruteng NTT 2 Juli 2021 yang lalu. Almarhumah meninggalkan seorang suami dan dua orang anaknya.

Meninggalnya Ibu Bergita yang sering disapa mama Sukma saat itu, saat Negara ini masuk pada level 4 covid19 sehinga dirumah duka dan pemberangkatan jenasah untuk dimakamkan di kampung halamannya di pulau Adonara Flores Timur, dengan prokes yang ketat karena  melaksanakan pembatasan kegiatan masyarakat,  akibatnya  ritus ritus doa sesuai ajaran Katolik tidak dilaksanakan sepenuhnya kala itu.

Torok persembahan ( foto WG)

Setelah setahun almarhum meninggal maka suaminya dan keluarga melaksanakan perayaan ekaristi mengenang satu tahun meninggalnya almarhumah pada Senin 4/7/2022 di rumah )kediaman suaminya bapak Daniel Kopong, Kelompok St, Yosef Wilayah VII Paroki Cewonikit, Keuskupan Ruteng dengan thema yang diambil dari 2 Timotius 4,7. Setelah  mengakiri pertandingan yang baik – aku telah mencapai garis akir, aku teleh menerimanya dalam iman,

Pada kesempatan itu, RD. Ardi Obot Pastor Paroki Cewonikit  pada awal misa mengajak umat yang dengan berkata “ Mengenang orang yang meninggal dalam ekaristi kudus “ sedikit doa yang kita berikan bagi mereka, lebih banyak balasan, agar keluarga, suami dan anak anak yang ditinggalkan dalam lindungan dan berkat Tuhan “ ajaknya.

Selanjutnya kata imam itu, bacaan bacaan Kitab Suci menyadarkan kita betapa baik Tuhan dalam hidup ini, baik dalam hidup maupun ketika kita akiri hidup, kita kembali kepada sang kalik. “ eme dopo agu cemol kaeng tana lino hoo, ite holes kole one ranga de Mori ( kalau kita akiri hidup di dunia ini kita kembali kepada Tuhan “ katanya.

Bapak Daniel Kopong dan Keluarga ( Foto WG )

Menyitir Surat Santu Paulus kepada umat di Tesalonika dalam kotbahnya dikatakan pengharapan hidup setelah hidup ini ( parousia ) segera memenuhi batin orang Kristen dengan terang dan pengharapan, yang tidak diberikan oleh alam ini, dan hendak memberikan daya kepada segenap kehidupan jemaat selama sedang berjuang di bumi harapan hendaknya  segera memenuhi batin orang Kristen dengan terang dan pengharapan, yang tidak diberikan oleh alam ini, dan hendak memberikan daya kepada segenap kehidupan jemaat selama sedang berjuang di bumi.

Tentang almarhum ibu Bergita yang telah meninggal diyakininya sudah berbahagia di Surga, sehingga pesan Imam Tuhan itu, untuk suaminya Daniel  agar jangan larut dalam kesedihan, jika pa Daniel sedih terus maka nyony almarhumah tidak bahagia di Surga.

Koor kelompok St. Yosef ( Foto WG)

Dalam ajaran gereja katolik; Doa tak hanya dipanjatkan untuk orang yang masih ada di dunia ini. Kita bisa mendoakan orang-orang yang sudah meninggal. Dalam agama Katolik, ada hari Peringatan Arwah Semua Orang Beriman yang dirayakan setiap tanggal 2 November.

Pada hari itu, kamu dimaksudkan untuk mengenang dan mendoakan semua orang yang sudah meninggalkan dunia ini karena orang yang sudah meninggal tidak bisa lagi berdoa untuk dirinya sendiri. Kitapun bisa mendoakan orang yang sudah meninggal, baik kerabat ataupun kenalanmu.

Redaksi

, ,