Seksi Prokes dan P3K Puskesmas Lao Sigap Menangani Umat Pingsan di Gereja Cewoniki

Ruteng. Parokicewonikit.com – Perayaan Vigili Paskah di Paroki Cewonikit, Sabtu 16/4/2022 dilaksana pada dua tempat yaitu di Gereja St, Vitalis Cewonikit dan di Gedung Serba Guna Paroki.

Parayaan saat Pandemi mewajibkan panitia perayaan Paskah 2022 di Paroki Cewonikit untuk melengkapi kepanitiaan dengan seksi Protokol Ksekesahatan dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K ).

Untuk Seksi Prokes dan P3K, koordinator Puskesmas Lao, sebab Paroki pimpinan RD. Ardi Obot ini dalam wilayah pelayanan Puskesmas ini, sedangkan anggotanya adalah para Nakes dalam wilayah Puskesmas Kota, Timung, Wangko yang berdomisli di wilayah Paroki Cewonikit termasuk dokter.

Demikian Asty Jelahu,  koordinator tim yang bertugas pada perayaan Sabtu Paskah saat sedang  merawat dua orang umat yang pingsan saat mengikuti perayaan Misa di Gereja Cewonikit.

Petugas P3K sedang merawat umat yang pinsan ( foto WG )

“  Atas permintaan panitia perayaan Paskah di Paroki Cewonikit kami dari Puskesmas Lao menempatkan  personil yang selalu siaga berjumlah 8 orang dengan rincian 4 orang yang berjaga di aula Paroki dan 4 orang di Gereja Paroki dan 1 orang Sopir mobil ambulans yang stand bay di pelataran Gereja “ jelasnya.

Kata dia, tenaga medis yang selalu siaga di lokasi ini selama perayaan adalah Puskesmas Lao sebagai coordinator sedangkan nakes yang siaga adalah teman teman nakes yang tempat tinggalnya di Paroki ini, baik tenaga dokter maupun nakes lainnya.

“ Tugas utama Seksi Prokes dan P3K selama perayaan ini adalah membagikan Masker, menyemprot hand sanitizer pada umat yang hadir untuk memastikan bahwa perayaan ini dilaksanakan dengan prokes yang ketat “ lanjut ibu Asty.

Pantuan media ini, ketika dua orang yang pinsan pada awal perayaan Misa Sabtu Paskah di Gereja dengan sigap para petugas merawat pasien pada mobil Puskesmas yang parker di pelataran Gereja. Setelah ditangani   tidak lama kemudian kedua umat yang pinsan itu siuman dan dapat mengikuti perayaan sampai selesai.

Redaksi/ WG