Sanpio XII Kisol. Gelar Rapat Pilih Ketua Komite Baru

Sanpio XII Kisol – Parokicewonikit.com – Lembaga SMP-SMAS Seminari Pius XII Kisol hari ini (Sabtu, 08/01) menggelar rapat Komite dengan agenda pemilihan Ketua Komite baru menggantikan kepengurusan Komite sebelumnya.

Rapat Komite ini digelar di Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Seminari Pius XII di Kisol Manggarai Timur.

Rapat dihadiri oleh para Imam di lingkungan Seminari Pius XII Kisol, para Frater, Ketua Komite Frumensius T. Kurniawan dan beberapa pengurus lainnya.

“Terima kasih kepada Bapa/Ibu orang tua murid yang sudah hadir memenuhi undangan kami, baik dari Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada maupun Kupang. Mohon maaf udangan kami mungkin menganggu aktivitas Bapa/Ibu sekalian,” demikian Preses Seminari Pius XII Kisol, Romo Dyonysius Osharjo, Pr., saat membuka rapat Komite di BLK Komunitas Sanpio XII Kisol, Sabtu (08/01).

Menurut Romo Osharjo, keberadaa Komite dalam sebuah Lembaga Pendidikan sangat penting seperti teruang dalam UU dan Permendikbud Nomor 35 thn 2018 tentang struktur kurikulum tahun 2013. Dan peran Komite SMP-SMAS Seminari Pius XII Kisol selama ini sangat penting.

“Banyak hal yang sudah dilakukan pihak Komite,” jelas Romo Osharjo seraya meminta Ketua Komite Frumensius T. Kurniawan yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Manggarai untuk memberikan sambutan.

Ketua Komite SMP-SMAS Seminari Pius XII Kisol Frumensius T. Kurniawan menjelaskan Komite Sekolah merupakan badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan baik pada jalur pendidikan pra sekolah, jalur pendidikan sekolah maupun jalur pendidikan luar sekolah. Dimana peran tersebut sebagian sudah dijalankan dirinya Bersama dengan para pengurus Komite.

Dikatakannnya, sebagai ketua dirinya bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas dan kewajiban komite sekolah. Mengkoordinasikan, mengendalikan, dan melakukan pengawasan pelaksanaan tugas baik pengurus harian maupun pengurus bidang sehingga tercapai kinerja organisasi yang maksimal.

“Sebagai Orang Tua murid yang dipilih menjadi ketua Komite, saya sudah menjalankan tugas secara maksimal bersama dengan pengurus lainnya. Tugas sebagai Ketua sudah saya jalankan selama 8 tahun, dan pada hari ini posisi saya harus diganti dengan orang tua murid yang lain,” ujarnya.

Menurut alumni Seminari Pius XII angkatan 1980 ini, menjadi Ketua Komite di Lembaga Pendidikan Sanpio XII Kisol merupakan suatu kehormatan. “Menjadi Ketua Komite di sini (Sanpio; red) adalah kehormatan. Dan siapapun pengganti saya pada hari ini, saya harap tidak ada penolakan. Yang pasti Ketua Komite terpilih tetap kami support,” katanya.

Sebelum diganti dengan Ketua Komite yang baru, pria yang ramah dan komunikatif ini terlebih dahulu menyampaikan laporan penggunaan dana Komite Sanpio tahun pelajaran 2019/2020.

Dijelaskanya, selama tahun pelajaran 2019/2020 total pemasukan sebesar Rp. 590.515.000,- pengeluaran untuk pembiyaan 10 item pekerjaan/pengadaan sebesar Rp. 370.195.000,- dan saldo sebesar Rp. 220.317.000.-

Usai penyampaian laporan, acara dilanjutkan dengan pemilihan Ketua Komite Baru. Proses pemilihan berlangsung lancar dimana secara aklamasi peserta rapat Komite memilih Hendrikus Duas, Alumni Seminari Kisol anggatan 1987 sebagai Ketua Komite Baru,

“Terima kasih kepada 30 Orang Tua murid, sebagai representasi dari seluruh orang tua murid siswa Sanpio, SMP-SMAS atas kepercayaan pada saya sebagai Ketua Komite. Karena saya sudah terpilih maka setelah ini kita lanjutkan dengan pemilihan para pengurus-pengurus yang dibutuhkan dalam Struktur Komite Sekolah,” demikian Ketua Komite terpilih, Hendrikus.

Selesai sambutan dilanjutkan dengan pemilihan perangkat komite untuk melengkapi dan rapat memutuskan; Wakil Ketua Leonardus Nyoman dan Fransiskus G.M.Gual serta Bendahara Romo Marsel Zosimus Erot, Pr.

(Elger)