Tuhan Sendiri Menggerakkan Umat Paroki Cewonikit

Ruteng. Parokicewonikit.com – RD Ardi Obot, Pr.  mengawali karyanya sebagai gembala umat di Paroki St. Vitalis Cewonikit Ruteng, melakukan safari dari kelompok ke kelompok yang diawali dengan misa Kelompok di Kelompok St. Petrus Kakor wilayah I dan diakiri di Kelompok St. Agnes Lawir 3 pada wilayah II.

Dalam arahan kepada umatnya di Kelompok Sta. Agnes Lawir 3 wilayah II Selasa malam 23/11/2021 sebagai kunjungan pemungkas dalam safarinya bersama Dewan Pastoral Paroki (DPP) beliau mengisahkan tentang keprihatinannya saat masuk di Paroki nini pada bulan Oktober yang lalu.

“ Misa kelompok ini, merupakan strategi pastoral saya agar saya mengenal lebih dekat umat yang saya layani pada setiap tempat saya di tempatkan. Awal saya masuk di Paroki ini, kedaaannya sangat memprihatikan, apakah ini dampak dari situasi covid 19 yang melanda kita semua ? “ tanyanya retoris.

Akan tetapi menurut imam projo keuskupan Ruteng itu, dengan melaksanakan misa di Kelompok selama 41 malam mengawali tugasnya,  merupakan cara pikir yang tepat agar dapat memetahkan potensi sekaligus mengetahui permasalahan umat dari dekat, sehingga solusi yang yang diharapkan setidaknya dapat diselesaikan sesuai permasalahan yang dihadapi untuk saling menghantar menuju Kerajaan Allah yang sesungguhnya.

“ Melaksanakan misa di kelompok selain menghadir Tuhan dalam Ekaristi Kudus untuk menyapa umat di Kelompok, juga mau memastikan potensi potensi yang ada serta permasalahan yang ada, sehingga pada saatnya Tuhan sendiri akan hadir secara spriritual untuk menggerakan umat agar memanfaat potensi yang ada serta menyelesaikan soal soal yang ada dalam hidup ini sesuai kehendak Tuhan untuk bahagia di dunia ini dan memuliakan Tuhan sumber kehidupan ini “ tuturnya.

Umat yang hadir di Lawir 3 ( foto WG )

Pada kesempatan itu, Ketua DPP Paroki Cewonikit Paskalis Jemali menjelaskan tentang Gerakan seribu untuk bersyukur ( Gesar ) pada umat di Kelompok itu, serta beberapa program kegaiatan strategis yang sedang dan akan dilaksanakan di Paroki St. Vitalis saat ini.

“ Tentang Gesar sampai dengan saat ini targetnya yaitu 31 ribu rupiah untuk setiap KK dalam wilayah Paroki ini, namun dengan semangat umat untuk beribadah pada hari Minggu selama Rm. Ardi memimpin Paroki ini yang diikuti dengan memberikan kolekte pada saat misa maka kita sepakat untuk nilai minimalnya gesar diturunkan adalah 26 ribu rupiah/ KK Katolik. Disamping itu kepada para Pengurus Kelompok agar mengiventarisir umat yang belum menerima Sakramen Pernikahan karena soal soal yang menghalagi pernikahan. Terkait dengan itu jika orang masih ada halangan dalam Sakramen pernikahan maka jika sudah mempunyai anak silakan anaknya diantar ke Gereja untuk menerima sakramen Pembatisan. Segala urusan administrasi di Sekretariat Paroki dilayani jika ada surat rekomendasi dari pengurus Kelompok bahwa umat tersebut adalah umat dari wilayah kelompok dalam wilayah ini, hal ini untuk menghindari cacat administrasi dan cacat kebijakan sebab Paroki ini ada dalam wilayah perkotaan yang masyarakatnya heterogen “ tandasnya.

Terkait dengan keberadaan Portal berita Cewonikit yaitu; http//parokicewonikit.com  yang sudah dapat dikases melalui jaringan internet,  Willy Grasias Katekis senior paroki Cewonikit sekaligus pemimpin redaksi media milik Dewan Pastoral Paroki Cewonikit juga berkesempatan mensosialisasikan eksistensi media ini, beliau menyampaikan’

“ Website ParokiCewonikit.com dikelola oleh Dewan Paroki Cewonikit sie Komunikasi Sosial. Media ParokiCewonikit.com ini merupakan wadah publikasi informasi Paroki St. Vitalis Cewonikit Ruteng dalam mengusahakan terselenggaranya atau terbinanya komunikasi timbal balik antara Dewan Paroki dan umat dengan memanfaatkan media komunikasi digital, sehingga umat dapat mengakses informasi mengenai program dan kegiatan yang dijalankan maupun yang direncanakan oleh Dewan Paroki, Pengurus Wilayah dan Komunitas Basis Gerejawi (KBG) “ jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, dari sisi Dewan Paroki, media ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi umat Paroki Cewonikit untuk berkomunikasi serta mempublikasikan berbagai bentuk kegiatan maupun perkembangan terkait umat dengan segala permasalahannya.

“ Selain itu, Media Online ParokiCewonikit.com ini merupakan jendela bagi seluruh umat untuk saling melihat, saling berbagi, saling menyemangati dalam pelayan di Paroki St. Vilatis” tutupnya.

Pada misa kelompok yang terakhir pada kesempatan itu turut memberikan arahan yaitu pa Vinsen dari Seksi Keamanan DPP Paroki, beliau memberikan beberapa penegasan diantaranya, saat misa pada hari Minggu di Gereja umat yang terlambat tidak diperkenankan untuk mengikuti misa. Selain itu kendaraan yang diparkir pada bahu jalan diharapkan untuk dikunci stirnya agar terhindar dari kejadian dicuri orang seperti kejadian beberapa waktu lalu. Kecuali itu kepada orang tua diharapkan kalau anak anak pergi misa diharapkan di gereja duduk bersama orang tuanya, jangan biarkan anak anak berkeliaran di seputaran Gereja.

Redaksi